Jaga Semangat Pengabdian Polresta Sleman Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

TRIBRATANEWS SLEMAN - Sebagai salah satu upaya untuk tetap menjaga semangat pengabdian dalam rangka memupuk kedisiplinan dan loyalitas sebagai anggota Polri, Polresta Sleman menggelar Upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Mapolresta Sleman.
 
Upacara dipimpin Kapolresta Sleman Kombes Pol. Yuswanto Ardi, SH., SIK., M.Si diikuti pejabat utama Polresta Sleman, Kapolsek Jajaran, personil Polresta Sleman dan perwakilan Polsek Jajaran. Sedangkan untuk petugas upacara dari Polsek Sleman.

Dalam amanatnya Kapolresta Sleman menyampaikan bahwa Upacara Hari Kesadaran Nasional yang kita laksanakan saat ini, janganlah dianggap sebagai kegiatan rutin, namun harus dimaknai sebagai momentum untuk melatih tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik, kedisiplinan serta menanamkan kembali nilai semangat nasionalisme pada setiap individu karena sangat penting untuk membangun karakter dan jati diri Polri, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian dan kinerja kita yang dilandasi oleh Tri Brata dan Catur Prasetya.

Kapolresta Sleman menekankan kepada seluruh anggota dalam menjalankan tugas kita harus terus aktif dan bersinergi dengan stakeholder terkait. Maka dari itu kita jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum serta selalu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik baiknya.

Lebih lanjut Kapolresta Sleman menegaskan, menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 konflik horisontal bermotif kepentingan sosial, perbedaan keyakinan harus kita waspadai bersama agar potensi ini tidak menjadi hambatan kedepan dalam pelaksanaan pemilu.

Kapolresta Sleman juga berpesan agar netralitas dalam pengamanan pemilu menjadi hal pokok yang harus kita pegang serta lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait potensi kecurangan dan pelanggaran Pemilu dan mulai prediksi gangguan kamtibmas dalam Ops Mantap Brata.

Kapolresta Sleman juga mengajak untuk menggunakan kewenangan Polri sesuai dengan perundang-undangan yang ada serta didukung SDM dan harus dilakukan secara bijak, bertanggung jawab, tegas, ramah dan akurat dalam membuat keputusan serta harus merujuk pada peraturan perundang undangan dengan menjunjung tinggi norma serta martabat masyarakat.

Mengakhiri amanatnya Kapolresta Sleman berpesan kepada seluruh anggota untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan YME, meningkatkan kedisiplinan, serta jangan melakukan pelanggaran yang akan merugikan diri sendiri, keluarga dan institusi Polri yang kita cintai.

Dalam upacara ini dilaksanakan pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korpri oleh personil yang telah ditunjuk. Hal tersebut dilakukan agar anggota lebih mempedomani Tribrata dan Catur Prasetya serta melaksanakan tugas Polri yang profesional dan proporsional dan juga mampu mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas untuk menjadi Polri yang Presisi.